Selasa, 14 Maret 2017

Inilah 9 Manfaat Bawang Bombay Bagi Kesehatan

Bila kita pelajari, kita akan menemukan ada begitu banyak jenis bumbu masakan yang ternyata memiliki khasiat yang luar biasa. Salah satunya adalah bawang bombay. Tahukah pembaca bila bawang bombay merupakan salah satu jenis rempah-rempah yang kaya akan sejumlah vitamin, termasuk vitamin A, vitamin B, dan vitamin C. Bawang bombay juga memiliki kandungan asam folat, zat besi, kromium, belerang, magnesium, fosfor, dan kalsium yang tinggi. Berikut akan kami jabarkan sejumlah manfaat dari bawang bombay yang perlu kita ketahui.



1. Kardiovaskular
Dengan mengkonsumsi bawang bombay, kesehatan jantung akan semakin meningkat karena bawang bombay merupakan anti koagulan yang baik. Anti koagulan yang ada pada bawang bombay akan membantu mencegah terjadinya pengerasan arteri. Selain itu, zat ini juga akan membantu menurunkan kadar homosistein yang notabene penyebab dari sejumlah masalah pada jantung.

2. Anti inflamasi
Rutin mengkonsumsi bawang bombay akan membuat kita mendapatkan sejumlah manfaat, termasuk dari sifat anti inflamasi yang dimilikinya. Mampu mengobati infeksi yang disebabkan oleh salmonella dan bakteri E. Coli, serta mengobati penyakit infeksi saluran kemih adalah beberapa diantaranya.

3. Anti alergi
Pada bawang bombay dihasilkan zat antihistamin yang disebut quercetin yang digunakan untuk mengobati alergi. Bila dibandingkan dengan zat antihistamin lainnya, maka kita akan menemukan bahwa quercetin memiliki keunggulan dimana zat ini lebih mudah diserap oleh tubuh yang tentunya akan membantu mempercepat penyembuhan.

4. Kemampuan dalam meredakan gangguan pernapasan
Bawang bombay memiliki zat alami yang dipercaya mampu mengusir pergi lendir yang ada didalam pernapasan. Hal inilah yang membuat penyakit seperti batuk dan pilek bisa dengan mudah diredakan dengan mengkonsumsi bawang bombay.

5. Kemampuan mencegah terjadinya osteoporosis
Bawang bombay mampu mencegah terjadinya keropos pada tulang yang bisa menyebabkan osteoporosis karena ada kalsium didalamnya.

6. Menjaga kesehatan gigi dan mulut
Mengunyah bawang bombay akan membantu kita dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut. Seperti diketahui, kerusakan gigi dan infeksi yang terjadi dalam mulut kebanyakan disebabkan oleh adanya penumpukan bakteri, dan bawang bombay menjadi penawar yang jitu untuk mengatasi masalah tersebut.

7. Kemampuan mengurangi diabetes
Dengan mengkonsumsi bawang bombay, dipercaya mampu membantu menurunkan kadar insulin dalam darah dan meningkatkan toleransi glukosa pada penderita diabetes. Hal ini karena bawang bombay mengandung kromium.

8. Meredakan sakit telinga
Bila kita sakit pada bagian telinga, maka oleskan getah bawang bombay pada bagian yang sakit. Niscaya sakit telinga pun akan reda.

9. Menurunkan suhu tubuh
Kita bisa menurunkan suhu tubuh dengan mengoleskan getah bawang bombay di bagian bawah telapak kaki.

Banyaknya manfaat bawang bombay untuk kesehatan di atas tentunya akan sangat membantu. Karena selain alami, bawang bombay juga mudah ditemukan di pasaran. Untuk itu sediakan selalu bawang bombay di rumah dan feel the different!.